Mengapa Anda Harus Memperhatikan Waktu


Waktu adalah hidup, yang tidak dapat diubah' dan diganti. Menyia-nyiakan waktu berarti menyianyiakan hidup anda, tapi menguasai waktu anda ber arti menguasai hidup dan menarik manfaat sebesar besarnya.

Sebagai seorang konsultan dalam masalah pe rencanaan waktu dan tujuan hidup, saya telah men ciptakan suatu sistem baru yang menolong jutaan orang pada saat ini. Untuk menentukan penggunaan waktu mereka yang terbaik, dan dengan demikian mengontrol hidup mereka.

Saya bukanlah pengatur waktu dan gerakan yang berusaha untuk melakukan segala sesuatunya dalam waktu yang relatif singkat dengan pemboros an gerakan yang sekecil mungkin. Efisiensi seperti itu berarti mencabut daya pikir dari sesuatu kegiat an dan menguranginya sampai membentuk serentet an kegiatan rutin yang mekanis. Tidak ada usaha untuk menjadikan kegiatan itu sebagai sesuatu yang menyenangkan atau menarik. Dengan demikian anda dapat mengatakan bahwa ketaatan terhadap kete

patan waktu seperti itu akan mencabut keluar daya

hidup dari suatu aktivitas dan juga daya pikirnya.
Saya berusaha untuk lebih menempatkan ran daya pikir ke dalam apa pun yang dilakukan oleh orang dan bukan mencabutnya keluar. Kalau anda mengikuti saran-saran saya, anda mungkin akan menemukan diri anda sendiri, lebih banyak berpikir mengenai bagaimana anda sebenarnya ingin menggunakan waktu anda dengan bekerja secara efi Sien, dan melakukan hal yang sejak dulu anda ingin melakukannya serta menikmati hidup‘anda.

Maka janganlah menyebut saya seorang ahli efisiensi. Saya adalah seorang ahli efektivitas. Efek tivitas berarti mampu memilih tugas-tugas yang terbaik untuk dilakukan dari semua kemungkinan yang ada dan kemudian melakukannya dengan cara yang terbaik. Membuat pilihan yang tepat menge nai bagaimana anda menggunakan waktu anda ada lah lebih penting daripada melakukan pekerjaan apa pun yang kebetulan ada secara efisien.

Efisiensi itu sendiri memang bagus pada tempat nya, tapi bagi saya efektifitas adalah suatu sasaran tujuan yang jauh lebih penting. '

Beberapa teknik dari sistem saya mungkin me ngejutkan anda. Sebagai contoh, misal anda mempu nyai waktu 10 menit sebelum pergi ke dokter gigi. Kalau anda seperti kebanyakan orang, anda akan menyia-nyiakan waktu itu. Tapi saya dapat menun jukkan pada anda bagaimana memanfaatkan waktu yang 10 menit itu sehingga anda dapat memulai de ngan mantap untuk pekerjaan besar apa pun yang barangkali telah anda telantarkan, seperti mendeko rasi kembali rumah anda atau menganalisa biaya produksi anda. Pada saat yang sama, saya akan membantu anda untuk menghapuskan penundaan dan mempertahankan momentum yang anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Di dalam buku ini anda akan belajar menge nai pengalaman-pengalaman dari klien-klien saya, keluarga saya dan diri saya sendiri dalam menetap kan teknik-teknik saya. Dan anda akan mengetahui bahwa sistem saya tidak dapat diubah, mekanis atau menekan. Jauh dari itu! Untuk mempelajari teknik ini akan menarik dan menyenangkan untuk mengalaminya. Manfaatnya akan segera terasa dan kemudian akan berkembang lebih lanjut.

Sistem saya untuk penggunaan waktu yang efektif telah terbukti berhasil untuk klien-klien pe rusahaan seperti A.T & T, Bank of America, LB.M, Lever Brothers, dan Standard Oil Company of Cali fornia; dan banyak lagi dinas-dinas pemerintahan lo kal maupun federal; untuk orang-orang s'ibuk seper ti Neil Diamond; tokoh feminisme dan penulis Glo ria Steinem; perancang pakaian Milton Glaser; di rektur eksekutip dari Sierra Club; direktur umum dari American Conservatory Theatre William Ball; ketua Esalen Institute Mika Murphy; produser dari "Hair" Michael Butler; dan untuk ribuan petugas Aeksekutip, para ahli, usahawan, para orang tua, pa ra pelajar dan mahasiswa dan lain-lain yang berkon sultasi dengan saya selama seminar-seminar yang saya adakan atau secara individuil.

Saya merasa yakin mengenai nilai mutu dari sistem saya,sebab sistem itu telah memberikan pa da saya kontrol atas hidup saya sendiri. Sistem ini juga dapat bekerja dengan berhasil bagi hidup anda dan belenggu apa yang ingin anda lepaskan. Saya ti dak perlu sengaja berusaha untuk menunjukkan pa da anda atau bagaimana menjadi direktur utama pa da perusahaan atau bagaimana membaurkan dua ma cam karier sebagai seorang pekerja kantor dan se bagai ibu. Dengan menggunakan sistem saya anda dapat mencapai sasaran-sasaran seperti itu, kalau itu memang yang anda kehendaki. Tapi anda dapat juga menjadi seorang mahasiswa yang lebih efektip, pemain catur, pembuat lilin atau playboy internasio nal, seluruhnya tergantung pada anda sendiri.

Dan harap diingat: tidak ada alasan untuk me nyatakan kurang waktu. Kita semua punya banyak waktu untuk melakukan segala sesuatu yang benarbenar kita inginkan. Kalau begitu halnya, anda ter alu sibuk untuk melakukan sesuatu, ingatlah bahwa masih banyak orang yang lebih sibuk dari anda tetapi dapat melakukan lebih banyak. Mereka tidak punya waktu yang lebih daripada anda. Mereka da pat menggunakan waktu dengan lebih baik! Penggn naan waktu yang efektip seperti mengendarai mobil adalah suatu ketrampilan yang dapat diperoleh, dan di dalam buku ini saya telah mengumpulkan semua peralatan yang anda butuhkan. Saya akan menunjuk kan cara yang masuk akal dan praktis agar anda dapat menjadi majikan bagi waktu dan bukan budak nya, dan melakukan apa yang anda inginkan dalam hidup anda.

Bila semua sudah dibicarakan dan dilakukan, tidak ada hal lagi yang lebih penting di dalam hi dup anda daripada waktu. Saya tidak dapat membe ri waktu yang lebih banyak pada anda daripada yang anda punyai. Kita semua harus hidup dengan 168 jam dalam seminggu. Tapi saya dapat menolong anda untuk menggunakan waktu yang anda pu nyai secara lebih efektip. Nah, marilah kita mulai.

Tidak ada komentar:

Postingan Populer