Apa Sebenarnya yang Anda Inginkan Dari Hidup


Apa cita-cita anda dalam hidup ?

Bagaimana anda ingin melewatkan 3 tahun yang akan datang?

Kalau anda sebelumnya sudah tahu akan terke na sambaran halilintar 6 bulan dari hari ini, bagaimana anda akan melewatkan hidup anda sampai saat itu?

Mungkin terdengar terlalu berlebihan untuk mengatakan demikian, tapi barangkali anda belum pernah berhentisejenak untuk mengadakan perhitung an. Sumber baku yang setiap orang mulai hidup ia lah seluruh jumlah menit, jam, hari dan tahun sela ma dia hidup. Hanya di dalam keseluruhan kerang ka itu,perencanaan yang baik mengenai penggunaan waktu dapat dilakukan. Inilah mengapa saya mere komendasikan agar anda menentukan lebih dulu apa tujuan-tujuan anda selama hidup.

Saya akan segera masuk ke dalam ‘problema yang timbul menit demi menit pada hari ini. Tapi

saat Itu suatu pernyataan tertulis mengenai tujuan-tujuan halaman hidup anda akan membantu meng ungkapkan apa yang sebenarnya ingin anda lakukan, menolong membangkitkan motivasi untuk melakukan nya dan memberi makna pada cara anda melewat kan waktu. Hal ini pun akan memberikan arah bagi hidup anda dan menolong untuk bisa mengontrol na sib anda sendiri.

Hal ini juga dapat menyediakan suatu alat pengukur bagi anda terhadap apa yang akan dapat mengukur kegiatan-kegiatan lainnya,kalau hal itu memang tiba. Dengan demikian anda akan punya kemampuan lebih banyak untuk menyesuaikan banyak sekali aspek yang terjadi dalam hidup anda. Dan anda dapat mengurangi konflik-konflik yang ti dak perlu terjadi tentang bagaimana harus menggu makan waktu anda.

Suatu pernyataan mengenai tujuantujuan sela ma hidup anda,bukan satu hasil yang ajaib atau su atau peramalan yang menggunakan daya-daya kos mis. Sesungguhnya hanya sedikit halhal yang terli bat di dalamnya untuk menyatakan itu secara tertu lis. Sejumlah orang memang merasa gelisah kalau harus melakukan itu. Terasa sebagai sesuatu yang membuat mereka tak berdaya bahkan terasa mema lukan. Atau mereka merasa bahwa satu rencana yang tertulis akan membatasi pilihan-pilihan mere ka dan mengambil sejumlah daya kreativitas serta spontanitas maupun kegembiraan hidup mereka. Per kenankanlah saya menjamin anda, bahwa tidak ada hal yang lebih jauh letaknya dari kebenaran dan ke nyataan daripada apa yang dinyatakan oleh sejum lah orang -orang tersebut. Lebih dari 15 ribu orang di dalam seminar dan acara konsultasi yang saya adakan,telah menyusun pernyataan cita-cita selama hidupnya dan saya yakin setiap orang dari mereka telah bisa merasa lebih jelas mengenai apa yang ingin mereka lakukan dengan hidupnya. Hanya sedikit diantara mereka yang pernah menulis per nyataan seperti itu sebelum mereka datang pada se minar-seminar yang saya adakan.

Maka perkenankanlah saya mengemukakan per tanyaan ini pada anda.

Apa yang menjadi tujuan-tujuan dalam hidup anda?

Dengan satu atau lain cara, apakah anda me nyadarinya secara khusus atau tidak, dalam hidup anda sampai saat ini pasti pernah memikirkan tuju an-tujuan hidup anda. Tetapi berpikir mengenai tu juan-tujuan itu biasanya merupakan satu pengalam an yang sangat berbeda dibanding kalau anda harus menuliskannya. Tujuan-tujuan yang tidak tertulis, seringkali merupakan impian yang kabur atau kha yalan, seperti misalnya melakukan perjalanan atau menjadi seorang milioner. Tujuan-tujuan yang tertu lis cenderung untuk membuat mereka menjadi lebih nyata dan khusus serta akan menolong anda untuk menembus di bawah permukaan impianimpian lama yang sudah bertahuntahun anda himbau untuk diri sendiri.

Anda bisa memperoleh satu perspektip baru yang berharga,dengan melihat hasil-hasil pemikiran yang telah lama akrab dengan anda dan tertulis di atas kertas. Sebab dengan demikian anda akan da pat menelitinya lebih terperinci. Setelah mereka pu nya identitas yang mandiri, maka anda akan dapat mengolahnya dengan lebih baik. Mereka akan dapat dianalisa, diperhalus, diubah, disesuaikan dengan waktu dan dipikirkan dengan serius.

Juga kemungkinan besar anda akan dapat mengungkapkan tujuan-tujuan yang penting bagi an da, bahkan kalau belum pernah mengucapkannya

atau menganggap serius pada waktu sebelumnya. Hal ini terjadi karena acara penulisan menuntut an da supaya bersikap lebih khusus; sasaran-sasaran bi sa dipersempit, sebab anda tidak dapat menulis ter lalu banyak kata dibandingkan dengan jutaan kata yang terpikirkan dalam hidup anda. Pada kenyataan nya, pilihan yang anda tuliskan bisa mengindikasika sikan priontas yang akan mengejutkan anda sendiri.

Kalau anda belum pernah mencoba menuliskan tujuan-tujuan selama hidup anda, latihan yang berikut ini akan dapat menolong anda memulainya. Ka lau anda sudah mempunyai daftar, mungkin latihan ini akan dapat membantu anda untuk menyesuaikan daftar itu dengan situasi dan kondisi waktu yang ada sekarang.

Tidak ada komentar: