BAGAIMANA MENENTUKAN SKALA PRIORITAS PADA SASARAN TUJUAN HIDUP ANDA


Ambillah daftar sasaran tujuan hidup anda dan lewatkan satu menit untuk memilih tiga di an taranya yang paling penting. Taruhlah tanda A-l pada yang paling penting. Yang ke dua diberi tanda daftar yang memberi ketentuan tiga tahun dan juga yang membatasi sampai 6 bulan saja.

Pada tahap ini anda mempunyai 9 buah sasar an tujuan hidup yang disarikan dari 3 buah daftar. Untuk memilih tiga sasaran tujuan jangka panjang dari 9 buah yang ada, tulislah pada selembar ker tas yang masih baru, "Tiga buah sasaran jangka panjang hidup saya yang terpenting ialah ...." Kemudian susunlah mereka sebagai berikut: A-1, A-2, A-3. Sekarang anda sudah menyelesaikan satu per nyataan awal mengenai sasaran tujuan hidup anda. Dengan demikian anda telah menentukan hal-hal apa yang ingin anda lakukan dengan 'hidup anda se bagaimana anda melihatnya pada saat ini.

Kalau saya sedang menangani klien-klien perseorangan, saya menggunakan banyak waktu untuk me nolong mereka lebih memastikan pernyataan tujuan hidup mereka masing-masing. Mungkin kita harus melewatkan 6 sampai 7 kali acara penyusunan sela ma kurang lebih 2 minggu sebelum kami dapat memberikan sebuah pernyataan, yang benar-benar menyatakan apa yang menjadi preferensi-preferensi mereka. Anda sendiri juga akan merasakan manfaat nya apabila anda mengusahakan perincian-perincian yang lebih teliti mengenai pernyataan itu sampai berulangkali.

Seperti juga seorang ahli foto akan melakukan jepretan dan jepretan ulang pada pemandangan yang sama untuk. mendapatkan efek yang dikehen daki. Demikian juga pernyataan-pemyataan menge nai hidup anda akan lebih mendapatkan manfaat da ri jepretan-jepretan yang dilakukan berulang-ulang. Karena itu alangkah baiknya kalau besok anda mengulangi latihan mengenai pendaftaran sasaran tujuan hidup dan membandingkan hasil-hasilnya. An da tidak akan mendapat jawaban-jawaban yang mu tlak sama dan kemungkinannya ialah bahwa anda akan memberi keterangan-keterangan tambahan yang tidak anda ikut sertakan pada acara pendaftar an yang pertama kali. Memang demikianlah cara kerja pikiran orang.

Mengingat bahwa pernyataan mengenai sasar an-sasaran hidup seseorang tidak pernah bersifat statis, maka sebaiknya acara ini ditinjau ulang seca ra periodik. Satu saat yang baik pada setiap tahun nya untuk mengadakan penilaian ulang dari pernya taan ulang itu adalah pada hari ulang tahun anda. Bahkan kalau anda telah berhasil menjepret foto

yang paling sempurna pada tahun lalu, tahun ini anda sudah berubah dan foto tahun lalu sudah tidak dapat mewakili dengan tepat tentang bagaimana an da melihat hal-hal di dalam hidup anda yang teria di sekarang. Pernyataan mengenai sasaran-sasaran tujuan hidup anda layak sekali tumbuh sementara anda sendiri juga tumbuh.

Tidak ada komentar: