BAGAIMANA MENYELESAIKAN KONFLIK



Konflik-konflik tujuan diselesaikan dengan me nempatkan prioritas secara tepat. Anda harus da pat memutuskan tujuan-tujuan mana yang paling penting bagi anda pada saat ini.

Sejumlah konflik agakya akan dapat menyele saikan diri mereka sendiri apabila mereka itu dinya takan secara tertulis. Kalau seorang menganggap di rinya kurang memperhatikan terhadap masalah yang sudah lama terpikirkan untuk dilakukan secepat mungkin, barangkali sejak semula sesungguhnya dia sudah menyadari bahwa tujuan-tujuan lain memang lebih penting. Dasar persoalannya ialah dia tidak pernah berhadapan dengan kenyataan yang ada pa da waktu sebelumnya.

Konflik-konflik lain jauh lebih sukar diselesai kan. Kalau anda berhadapan dengan satu pilihan yang menyakitkan di antara dua tujuan yang saling bertentangan, ingatlah selalu bahwa skala prioritas itu dapat disesuaikan kemudian hari dan disesuai kan lagi tanpa batas waktu. Sasaran tujuan anda ditulis di atas kertas dan bukan terukir di atas lempengan-lempengan batu marmar.

Kalau anda merasa ragu-ragu untuk menem patkan skala prioritas yang lebih tinggi untuk satu tujuan tertentu, katakanlah-kembali belajar dan karenanya harus menempatkan setu skala prioritas yang lebih rendah untuk satu tujuan lainnya, kata kanlah berkumpul dengan keluarga, maka anda da pat menganggap masing-masing itu sama penting nya. Kalau anda selanjutnya lebih banyak jam un tuk yang satu dan bukan untuk yang lainnya, anda masih dapat memberi kesan pada diri anda sendiri

bahwa keduanya sama-sama penting. Bahkan kalau kedua tujuan tadi saling bertentangan, atau perlu dilakukan pada waktu yang bersamaan,anda masih dapat menghibur diri dengan mengatakan pada anda sendiri bahwa anda melepaskan salah satu tetapi ha nya untuk sekarang saja. Minggu depan atau pun ta hun depan anda akan memberikan giliran perhatian pada yang lainnya.

Dalam keadaan seperti itu memang tidak ada jalan lain. Anda harus berani berhadapan dengan tantangan untuk memutuskan apa yang penting bagi anda sekarang dengan menentukan skala prioritas. Berikut ini adalah cara bagaimana memilih priori tas dengan menggunakan tiga daftar yang telah anda persiapkan.

Tidak ada komentar: