HAL INI SEMUDAH BELAJAR ABC


Gunakanlah sistem prioritas abjad ABC: tulis kan satu huruf besar "A" di sebelah kiri dari halhal yang ada dalam daftar yang anda anggap punya nilai tinggi; satu huruf "B" untuk hal-hal yang ni lainya sedang; dan huruf "C" untuk hal-hal yang ni lainya rendah. Setelah anda melakukan ini, anda mengetahui bahwa sampai pada satu 'batas tertentu semuanya tadi berdasarkan perkiraan saja. Anda ti dak merasa yakin bahwa anda selalu benar pada pe nilaiannya. Tapi dengan membandingkan hal-hal ta di, satu dengan yang lainnya tentu akan menolong anda tiba pada satu susunan prioritas ABC bagi se tiap pemasukan hal yang ada dalam daftar. '

Hal-hal yang ditandai dengan huruf A seharus nya ialah hal-hal yang menghasilkan angka nilai terbanyak. Anda akan dapat hasil paling baik da lam menggunakan waktu anda dengan melakukan daftar-daftar dalam kelompok A pada tahap perta ma, serta menyisakan kelompok B dan C untuk waktu kemudian. Dengan memperhitungkan jumlah waktu yang anda miliki setiap hari dan mengingat juga kepentingan pada hal-hal tadi, sekali lagi akan dapat memecahkan kelompok ini dalam pemba gian baru dengan menjadikannya A-1, A-2, A-3, A-4 dan seterusya.

Susunan ABC bersifat relatif, tergantung pada sudut pandangan anda. Dalam hal ini anda harus ingat bahwa andalah yang bertindak sebagai peng ambil keputusan. Suatu tugas mungkin tergantung pada kelompok prioritas A sementara anda berpikir mengenai hasil-hasilnya apabila sudah dilakukan. Ta pi pada pertengahan jalan, apabila usaha anda itu menjadi sulit dan anda tidak menyukai hambatanhambatan yang terlibat di dalamnya apabila anda meneruskan maka anda akan menghentikan usaha itu di tengah jalan. Jadi apakah itu bisa disebut prioritas A atau bukan? Bahkan demikian pula kalau anda meragukan keputusan yang telah anda am bil, siapa yang dapat lebih baik menemukannya? Sa ya tetap mengatakan bahwa anda adalah penilai yang terbaik bagi susunan prioritas anda sendiri, dan kalau anda merasa tidak puas dengan segala hasil-hasilnya maka anda harus meningkatkan ke mampuan anda untuk lebih memusatkan perhatian pada apa yang sesungguhnya anda anggap penting.

Susunan ABC itu juga bersifat relatif tergan tung apa yang terdapat pada daftar. Biasanya ke lompok A lebih menonjol bilamana dibandingkan de ngan kelompok B atau C yang anda anggap tidak penting. Di dalam suatu karya cipta yang ada ka itannya dengan seni unsur-unsur penarik perhatian, termasuk warna-warni yang cerah dan detail-detail di bagian depan akan lebih menonjol daripada apa yang ada di latar belakangnya dan juga akan menja di hal-hal yang pertama menarik perhatian orang. Kelompok A yang dalam daftar anda tentunya juga hal-hal yang menarik perhatian pada daftar anda.

Susunan ABC tadi dapat berubah seiring de ngan waktu. Apa yang hari ini dianggap A bisa ia di akan berubah menjadi C pada hari esok, semen tara yang ada dikelompok C hari ini bisa menjadi kelompok A pada esok. Karena itu anda harus te rus-menerus menyusun dan mengubah susunan ke lompok prioritasnya dengan mempertimbangkan ba gaimana cara terbaik untuk menggunakan waktu an da saat ini.

Lebih jauh lagi susunan ABC itu bisa berubah, tergantung pada jumlah waktu yang anda putuskan untuk diinvestasikan ke dalam satu proyek tertentu. Barangkali anda dapat memuaskan perasaan Boss dengan kira-kira 2 jam kerja untuk laporan yang di kehendakinya. Anda menganggap itu termasuk ke lompok prioritas C. Anda juga dapat memberi ke san kepada Boss dengan kira-kira 4 jam kerja, se karang hal itu sudah berubah menjadi kelompok B. Anda juga dapat mengemukakan sejumlah besar sa ran-saran apabila anda memperluas permasalahan yang sedang diteliti dan mengorbankan 10 jam un tuk menyelesaikan kerangka garis besarnya. Saat itu anda sudah meningkatkannya menjadi prioritas A.

Untuk beberapa menit anda merasa cemas terhadap angka-angka rapor nilai anak anda yang tidak baik, bisa menolong anda untuk bisa sampai kepada beberapa gagasan-gagasan yang baik demi meningkatkan nilai angka itu. Tetapi akan menjadi satu pemborosan waktu kalau anda be'rtenggang pa da masalah itu tanpa mendapatkan keterangan langsung dari anak anda atau dari gurunya.

Sementara anda melewatkan satu jam setiap hari untuk bermain-main dengan anak anda, bisa di kelompokkan pada prioritas A. Menggunakan waktu 6 jam dalam hal yang sama tetapi dengan mengabaikan suami dan rumah anda,paling banyak bisa digolongkan pada kelompok B. Dengan melewatkan setiap menit sepanjang hari untuk bermain dan menghibur anak anda sehingga anak anda maupun diri anda sendiri tidak pernah bertemu dengan orang lain,pasti hanya bisa digolongkan pada kelompok C.

Yang jelas ialah tidak akan cukup berharga untuk mengerahkan upaya yang besar bagi tugas yang hanya bernilai kecil. Sebaliknya, suatu proyek yang bernilai tinggi bisa jadi perlu diberi perhatian yang banyak sekali. Hanya perencanaan yang baik, akan memungkinkan anda memperoleh keuntungan maksimal dengan investasi waktu yang minimal.

Tidak ada komentar: