LATIHAN UNTUK MENULISKAN TUJUAN-TUJUAN DALAM HIDUP ANDA



Ambillah beberapa lembar kertas, pensil atau pena dan sebuah jam yang memiliki jarum sekon. Tentukan sekitar 15 menit. Tuliskan pertanyaan ini pada ujung atas lembaran kertas. Apa tujuan-tuju an dalam hidup saya?

Dalam menyatakan sasaran-s'asaran tujuan se lama hidup anda,selayaknya mengerti bahwa anda akan mendapatkan berbagai macam jawaban menu rut persyaratan. Umurnya misal 5, 25 dan 65. Kare na itu anda harus menafsirkan tujuan hidup anda itu sebagai tujuan-tujuan yang mewakili pandangan anda terhadap kehidupan yang dimulai sekarang dan dari pandangan yang ada pada anda saat ini.

Kemudian ambillah waktu tepat 2 menit untuk mendaftar jawaban-jawaban terhadap pertanya an di kertas anda. Sesuai dengan kondisinya anda tentunya hanya akan dapat menentukan garis besar nya dan mungkin bersifat abstrak, tetapi anda akan tetap punya waktu untuk memberikan perincian-pe rincian tujuan-tujuan yang berkaitan dengan masa lah pribadi, keluarga, masyarakat, dan semrawut. Usahakan supaya daftar yang anda buat bisa meliput seluas mungkin. Usahakan juga supaya menulis kan sebanyak mungkin kata dalam 2 menit itu. Se lama tahap pendaftaran-ini jangan anda merasa ke barusan untuk melaksanakan tujuan-tujuan yang an da tuliskan, karena itu catat saja apa yang masuk dalam pikiran anda.

Jangan merasa takuttakut untuk memasukkan harapan-harapan yang dianggap terlalu jauh seperti misalnya, mendaki gunung Matterhorn, menikmati sebuah kue keju, mengambil liburan sepanjang tahun, membangun rumah peristirahatan, mencarter sebuah kapal layar, mengadopsi anak kembar tiga, mengurangi bobot sampai 20 kg banyaknya dengan melakukan jogging setiap hari sejam lamanya. Tidak ada salah nya dengan segala macam khayalan yangtidak disen sor.

Setelah lewat 2 menit yang pertama, berikan lagi tambahan 2 menit bagi diri anda sendiri untuk mengadakan perubahan apa pun yang anda anggap perlu,agar anda cukup merasa puas dengan pemya taan tujuan-tujuan hidup pada tingkat umum yang awal.

Bisa jadi anda dapat menambah satu atau dua sasaran tujuan hidup dengan meneliti kecen'derung an-kecenderungan yang menyolok di dalam pola hi dup anda saat ini. Sebagai contoh, kalau anda de ngan rajin membaca buku, sementara anda naik bis pulang pergi, barangkali anda punya satu tujuan hi dup yang belum diungkapkan untuk meneruskan pen. didikan anda. Membaca koran dengan teratur ba rangkali memberikan kesan adanya tujuan untuk ti dak tertinggal dan merasa terhibur. Untuk ini ke lak anda punya kesempatan memberi keputusan, apakah hal ini betul-betul merupakan tujuan hidup yang cukup penting.

Tidak ada komentar: