MEMBUAT KEPUTUSAN-KEPUTUSAN


Menggunakan waktu anda adalah hasil pemilih an-pemilihan kecil ratusan ribu macam pilihan yang dibuat setiap tahun, setiap bulan, setiap ming gu, setiap hari dan setiap menit dalam menentukan apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya. Apakah anda sadar akan alasan-alasannya?

Sebagai contoh: anda membuat keputusan tertentu?

Di sini ada beberapa kemungkinan:

1. Kebiasaan. SeTama bertahun-tahun anda sudah biasa berkum

pul bersama setiap bulan sekali dengan keluarga Jones. Anda mulai merasa kesal dan harus meng akui bahwa anda akhir-akhir ini tidak merasakan kenikmatan apa pun. Tetapi hal itu sudah menja di sesuatu yang rutin sehingga anda terus saja

melakukannya.

2. Tuntutan Orang Lain.

Suami anda tetap cerewet untuk mengundang se pasang suami istri .yang mungkin'dapat menolong businesnya, dan akhirnya anda mengiyakan meski pun anda tidak menyukai mereka.

3. Pelarian Diri.

Anda berada di rumah dan menghayalkan betapa nikmatnya untuk bisa berkumpul dengan sepasang suami istri yang baru saja anda kenal na mun tidak pernah berkesempatan mengundang mereka, karena anda cemas terhadap kemungkin an bahwa mereka akan menganggap anda terlalu berpretensi (maksus tertentu).

4. Pada Saat Terakhir. Tiba-tiba saja anda memutuskan malam itu, un tuk nonton, lalu menelpon keluarga Anderson un tuk bergabung, tapi kenyataannya mereka sudah punya janji lain, maka anda rela menerima ke sempatan untuk pergi dengan suami istri lain yang sebenarnya tidak terlalu anda sukai.

S. Merasa Gagal. Anda menunggu undangan pasangan suami istri lain dan karena itu melewatkan sebagian besar waktu anda dengan di rumah atau di antara orang-orang yang kurang anda sukai.

6. Keputusan yang diambil dengan sadar. Anda dudukduduk dengan suami, menjelaskan su atu acara untuk mengundang beberapa orang ke nalan baru dengan siapa anda mempunyai sejum lah persamaan dan sahabatsahabat yang sudah lamap tidak anda jumpai.

Pengambilan keputusan pada saat terakhir me mang bisa bagus. Juga tidak ada sesuatu yang salah dengan keputusan-keputusan yang tiba, karena adanya kegagalan atau karena tuntutan orang lain, atau karena pelarian diri atau karena adat kebiasa an. Tapi bila anda tidak puas dengan hasil dari ke putusan-keputusan seperti itu, usaha yang lebih di rencanakan dengan sadar memang diperlukan. Beta pa kuat bujukan yang bangkit pada situasi-situasi yang sukar untuk menyumbangkan pikiran, bermim pi atau membenamkan pikiran. Tapi apakah itu be nar-benar yang anda inginkan? Selalu ada alterna tipnya. Anda bisa melayangkan pikiran, bermimpi

atau membenamkan pikiran, atau anda mengambil keputusan.

Tidak ada komentar: