MENGANGGAP LEBIH LANJUT KE TIGA PERTANYAAN YANG LALU


Gunakan tambahan,minimal 2 menit untuk me ninjau kembali dan memperbaiki pernyataan-pernya taan mengenai tujuan hidup anda dalam jawaban-ja waban yang telah anda berikan. Kalau anda berke nan boleh menggunakan waktu lebih lama, kalau an da ingin.

Dalam meninjau ulang ke tiga rangkaian per tanyaan tadi, anda barangkali telah menemukan bahwa jawaban-jawaban untuk pertanyaan nomer 2 merupakan perpanjangan dari pertanyaan nomer 1. Ini memang yang dikehendaki. Sejumlah orang juga akan menganggap pertanyaan nomer 3 yakni perta nyaan mengenai 6 bulan terakhir sebagai satu per tanyaan kelanjutan daripada 2 pertanyaan yang mendahului. Tetapi orang-orang lain akan terputus dan masuk ke dalam perpisahan-perpisahan yang ta jam dari rencana-rencana mereka sebelumnya, kare na adanya kesadaran yang tibatiba bahwa waktu hidup mereka itu terbatas.

Sebagai contoh, saya berangkali tidak akan berhenti bekerja dan melakukan perjalanan keliling dunia. Saya akan berusaha untuk melakukan seba nyak mungkin acara konsultasi mengenai pengelola an waktu dan dengan pasti akan mengurangi lebih banyak waktu untuk itu, tetapi pada dasarnya saya tidak akan merubah nya sebab saya merasa senang dengan apa yang saya lakukan.

Seorang lain mungkin akan berkata, "OK", ya akan berhenti di mana saya berada sekarang ini dan saya akan makan, minum dan bergembira se bab saya akan mati dalam waktu 6 bulan. Saya akan melakukan perjalanan keliling dunia, dan menghabiskan semua uang yang saya punyai.

Saya akan melakukan hal yang sejak dulu ingin saya lakukan. Jadi pada dasarnya tidak ada satu ja waban pun yang dapat dinyatakan sebagai mutlak benar. Pilihan jawaban itu tergantung pada orang nya masing-masing. ..

Bagi mereka yang merasa bahagla dengan apa yang mereka lakukan, pertanyaan mengena: batas waktu 6 bulan tadi mewakili satu pengukuhan. Me reka akan meneruskan apa yang mereka lakukan sampai sekarang.

Bagi mereka yang memberi Jawaban dengan mengemukakan serangkaian hal yang sama sekalr berbeda mengenai apa yang ingin mereka lakukan, mungkin di dalam hidup mereka sekarang ini mereka membutuhkan perubahan-perubahan yang me mang harus ada. Tidak selayaknya mereka menem patkan perubahan-perubahan yang demikian besar nya. Pertanyaan mengenai' masa 6 bulan terakhir akan membantu anda mengenali beberapa hal yang ingin mereka lakukan apabila dipaksa oleh keadaan untuk mengadakan perhitungan tentang hidup mere ka. Yang penting di sini ialah: dengan pengelolaan penggunaan waktu yang tepat tidak terdapat alasan nyata apa pun,mengapa mereka harus menangguh kan sebagian besar kegiatan yang mereka sukai mu lai hari ini juga.

Sekarang anda sudah punya satu daftar menge nai sasaran tujuan hidup anda. Tapi barangkali an da berpikir harus akan berbuat lebih daripada wak tu yang disediakan untuk itu. Perasaan adanya keku rangan waktu ini menciptakan konflik-konflik di an tara tujuan-tujuan itu.

Konflik-konflik di antara berbagai macam tu iuan yang terdapat di dalam daftar anda itu tidak perlu menimbulkan hambatan. Suatu. tujuan untuk menggunakan lebih banyak waktu demi meningkatkan karier anda,bisa bertentangan dengan tujuan untuk melewatkan lebih banyak waktu dengan keluarga an da. Persaingan yang terjadi di dalam masalah perha tian anda ini dapat merangsang anda untuk mening katkan kualitas penggunaan waktu anda untuk seri ap hal. Kalau sebaiknya konflik-konflik tujuan ini menyebabkan anda merasa frustasi maka pengguna an waktu anda yang teratur baik, harus diarahkan untuk mencoba menyelesaikan konflik-konflik seperti itu.

Tidak ada komentar: