MENGAPA MENGAMBIL KEPUTUSAN SEDEMIKIAN SULlTNYA


Pada saat-saat tertentu orang dihadapkan dengan keinginan untuk melakukan hal-hal yang berbe da dan berlawanan secara rasional, emosional, dan kebutuhan fisik semuanya harus dipuaskan, tapi tidak selalu dapat dipuaskan pada saat yang sama. Kadang-kadang mereka harus saling bertentangan dan diputuskan hasilnya. Bekerja atau bermain golf? Baca buku atau bermain dengan anak anda? Minum secangkir kopi yang kedua pada saat makan siang atau langsung kembali ke kantor? Bagaimana untuk memutuskannya?

Tuan Smith tahu bahwa penggunaan sebuah

mesin pendikte dapat menghemat waktunya, tapi dia benci berbicara berhadapan dengan dinding yang kosong. Haruskah dia mentaati bagian pemikir annya yang rasional dan menghemat waktu, atau mematuhi emosinya dan langsung mendiktekan pada sekretarisnya? Tuan Smith punya pendapat bahwa dia telah berhasil menyelesaikan persoalan dengan menempatkan sebuah foto sekretarisnya di atas me ja kalau dia sedang mendikte. Hal ini memberikan suatu perasaan bahwa dia sedang berbicara kepada orangnya sendiri yang akan mencatat diktenya. Se gala sesuatunya berjalan baik hingga suatu hari sa at istrinya berkunjung ke kantor untuk menjemput nya makan malam menemukan foto sekretarisnya di atas meja. Anda dapat membayangkan korban apa yang harus dibayar oleh Tuan Smith ketika dia harus menenangkan diri dan mengambil foto yang telah pecah di atas lantai. Mungkin Tuan Smith bisa bertindak lebih baik dengan menempatkan sebuah foto istri dan keluarganya di atas meja untuk mengingatkan dia kemana arah perginya uang yang dia hasilkan.

Satu konflik yang lain membuat masalahnya menjadi lebih sulit untuk dipilih, yakni dalam hal sa saran jangka pendek dan sasaran jangka panjang. Apakah sebaiknya anda memasak untuk makan ma lam atau mempersiapkan diri untuk mengadakan pesta makan malam diakhir pekan? Menyitam lapangan rumput atau membaca buku mengenai berke

Tuan Martin tertinggal banyak dalam hal pe keriaan-pekoriaannya. Untuk mengejarnya dia membutuhkan waktu sekurang-kurangnya sebulan, namu pihak managemen menurut tidak diperbolehkan ada nya ketinggalan yang lebih dari satu minggu. Tuan Martin sudah merencanakan satu cara yang dapat memenggal waktu pemrosesannya dari setiap hal sampai separo, tapi sistem barunya ini akan meng ambil waktu sekurang-kurangnya dua bulan untuk diterapkan.

Apakah sebaiknya Tuan Martin memberitahu kan pada setiap orang yang mengetuk pintu untuk pemesanannya agar kembali lagi dalam waktu dua bulan? Ini akan memberinya waktu yang dia butuh kan untuk menerapkan prosedur yang baru. Tapi si tuasi penangguhan pesananpesanan akan mendekati situasi kekacauan yang mutlak.

Atau sebaiknya Tuan Martin tetap memperta hankan pergumulannya untuk bisa keluar dari tumpukan pekerjaan sebaik mungkin. Dengan demikian setidak-tidaknya tetap membuat sejumlah orang me rasa senang karena pekerjaan mereka telah disele saikan dapat keluar dari jalur produksi setiap hari? Benar, ini akan membuat dia lebih lama mengisi setiap pesanan yang sudah terlambat, tapi itulah cara yang sudah biasa dilakukan. Dan dia akan me nunjukkan kemajuannya sehari-hari di dalam susul an catatannya, sesuatu yang tidak akan dapat dia lakukan kalau dia mengerahkan seluruh tenaganya untuk menyusun prosedur yang baru.

Apa sebaiknya Tuan Martin menekankan pada sasaran jangka pendek, dan tetap mempertahankan selesainya sejumlah pekerjaan setiap harinya atau lebih terarah pada sasaran jangka panjangnya dan merombak prosedurnya? Apapun yang dia lakukan terpaksa akan membuat sejumlah orang merasa ti dak senang. Kalau dia mengambil sasaran jangka pendek, maka dia akan kehilangan keuntungan-ke untungan pada jangka panjangnya. Kalau dia memi lih sasaran jangka panjang, dia harus melepaskan nilai mutu jangka pendeknya. Di dalam situasi se perti ini,dia dapat mengambil keputusan untuk menjalankan salah satu cara tadi, atau merencanakan

satu cara kompromi di tengah-tengah dan menghasilkan sejumlah pekerjaan setiap hari tetapi juga memindahkan prosedur yang baru lebih maju sedikit setiap harinya. Apapun yang dia lakukan, memerlu kan waktu untuk menyelesaikan pertentangan anta ra sasaran jangka pendek dan sasaran jangka pan jangnya kalau dia ingin tetap memegang pekerjaan maupun akal sehatnya.

Tidak ada komentar: