MENGHILANGKAN TUGAS-TUGAS DENGAN SKALA PRIORITAS RENDAH



Kalau anda memang rajin sekali dalam men daftarkan sejumlah besar kemungkinan kegiatan yang berskala prioritas A, maka selayaknya pada sa at ini anda mempunyai banyak kegiatan yang dapat dilakukan dan tidak punya cukup waktu untuk mela kukannya. Saatnya sudah tiba bagi anda untuk me nentukan prioritas. Untuk beralih dari sikap yang kreatip dan imajinatip menjadi praktis dan realistis. Cara untuk memulainya .adalah dengan mengenali dan meniadakan hal-hal yang prioritasnya rendah.

Bagi setiap kegiatan yang ada pada setiap daf tar, bertanyalah pada diri anda sendiri; Apakah sa ya terikat untuk melewatkan minimal 5 menit atau kurang kalau memang bisa diselesaikan seluruhnya dalam waktu lebih singkat untuk kegiatan ini dalam 7 hari mendatang? Kalau jawabannya adalah tidak, coretlah kegiatan itu.

Anda tidak perlu mengemukakan dasar alasan khusus mengapa anda mencoret sesuatu kegiatan dari daftar anda. Mungkin anda tidak senang melaku kan hal itu. Mungkin hal itu tergantung pada orang lain yang tidak dapat menolong anda pada minggu yang akan datang. Ini mungkin juga karena terlalu sukar. Barangkali anda terlalu sibuk minggu ini. Tinggalkan saja hal-hal yang mengikat anda untuk melewatkan paling tidak 5 menit untuk melakukan nya dan barangkali menyelesaikannya di dalam wak tu 7 hari mendatang.

Kalau anda sudah meniadakan hampir setiap catatan yang ada dalam daftar anda, maka kembali lah dan ambillah waktu sebanyak yang anda perlu kan. Kemudian tentukan paling tidak 4 hal yang an da anggap berarti dan dengan demikian anda akan memberikan waktu untuk mengerjakannya minggu depan.

Jangan merasa prihatin kalau anda harus meni adakan hal-hal yang besar atau penting, seperti mi salnya mencari pekerjaan yang baru dari daftar an da. Kalau anda memang tidak ingin melakukannya sekarang juga, coretlah hal itu supaya tidak meng hambat yang lain dan dapat anda pertimbangkan kembali minggu depan. Setelah anda selesai meng adakan penyaringan terhadap ke tiga buah kegiatan A tadi, gabungkan hasil-hasilnya ke dalam satu daf tar.

Daftar ini barangkali berisikan sekitar selusin kegiatan yang penting dan anda rela mengerjakan nya pada minggu yang akan datang.

Langkah selanjutnya ialah untuk menentukan priori tas. Klasifikasikan kegiatan yang terpenting seba gai A-1, yaitu penggunaan waktu anda yang terba ik. Kegiatan-kegiatan skala A lainnya harus diberi nomor urut yang sesuai yakni A-2, A-3, A-4. De ngan adanya skala prioritas ini, tentukan batas waktu untuk berbagai macam kegiatan tadi dan masukkan ke dalam daftat anda untuk 7 hari mendatang Kalau anda mengikuti pelajaran di sekolah di ma lam hari 3 kali seminggu, maka hal ini berarti ha nya tertinggal 2 hari yang mungkin anda manfaat kan untuk makan di luar rumah. Hari apa yang anda pilih? Dan kalau anda berniat untuk mulai merr baca buku perang dan damai, kapan anda akan mulai? Barangkalianda pulang pergi dari kerja dengan kereta api? Buat catatan mengenai keputusan keputusan seperti itu pada daftar anda.

Tidak ada komentar: