SETIAP ORANG INGIN MENYITA SEBAGIAN DARI WAKTU ANDA


Mungkin anda suatu ketika atau bersamaan waktu adalah seorang pencari nafkah, suami atau istri, anggota keluarga, pemain bridge, pengikut ke baktian di gereja, anggota lion club, dan seorang warganegara yang sadar politik. Anda harus mampu mengatur tuntutan waktu yang dikenakan pada diri anda dalam setiap peran dari sekian banyak yang ada, itu pun belum semuanya. Selusin pelusin yang kesal semuanya menuntut pengiriman segera dari barang yang dikehendakitetapi kebetulan tidak ada. Semua anggota keluarga menuntut perhatian anda kalau anda pulang kerja. Tiga jaringan televisi me rayu anda untuk menonton acaranya. Anda dapat menggunakan banyak waktu untuk menunjukkan se mua tuntutan yang bertentangan ini dan berusaha membuat setiap orang berbahagia.

Sejumlah tuntutan dari orang lain memang se layaknya kita terima dengan senang hati. Kalau se suatu hal penting bagi seseorang yang anda sayangi walaupun hal itu tidak penting bagi anda, ingatkan lah diri anda sendiri kalau anda hidup di dalam du nia yang saling berketergantungan dan ini berarti harus membagi waktu anda sampai suatu batas ter tentu.

Bagaimanapun juga, anda menyadari bahwa ka ”lau anda sudah menyediakan diri untuk bekerja ba gi organisasi atau kalau anda menikah maka anda harus melepaskan sebagian dari kebebasan anda un tuk memutuskan dengan cara bagaimana anda ingin melewatkan waktu dan menggantikannya dengan hal hal lain misalnya, kasih sayang, keterjaminan, per sahabatan, uang dan makan bersama. Hadapilah itu. Kadang-kadang anda harus melakukan apa yang di inginkan orang lain tapi bukannya selalu

Tidak ada komentar: