SIAPA YANG DAPAT MELAKUKAN SEMUANYA?


Apakah anda senang untuk menjadi seorang

dokter, ahli hukum, kepala suku Indian, ahli musik, arsitek, artis, pemain baseball? Apakah anda suka untuk mengadakan perjalanan ke Eropa, Amerika Selatan, Nigeria, Timbuktu? Ini bu kan hanya persoalan bakat dan uang. Bahkan se orang Einstein atau Onassis tidak dapat melakukan segala sesuatu yang harus dilakukan dan melihat segala sesuatu yang harus dilihat di dunia ini. Ke putusan, keputusan, keputusan, mengelilingi kita se mua, yang menuntut perhatian.

Bagaimana dengan hari ini? Akankah anda be kerja, pergi ke pertunjukan, membaca buku, mee ngunjungi teman-teman, tidur larut malam, berma in bridge? Waktu anda terbatas, tapi imaginasi an

da tidak. _ Sebagian orang, bermimpl di siang hari dalam bebe rapa menit saja, dapat menghasilkan cukup banyak kegiatan untuk tetap menyibukkan mereka selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Dan bagaimana dengan halhal yang harus an da lakukan: menyusun laporan yang diharapkan oleh pemimpin, menjawab korespondensi yang terlambat, mengambil pesanan tiket di theater, merencanakan perjalanan liburan, mengadakan pendekatan dengan kepala bagian personalia untuk mendapatkan seorang asisten baru, mencemaskan nilai rapor anak laki anda, pergi belanja untuk membeli pakaian baru, pergi ke dokter gigi, membersihkan kebun? Bagaimana anda mungkin melakukan segalanya yang harus anda lakukan hari ini? '

Esok pagi akan ada banyak lagi yang harus dilakukan. Hidup adalah suatu arus kemungkinan ke giatan yang tak pernah habis, yang secara tetap di isi kembali oleh keluarga anda, guru-guru anda, pe mimpin anda, bawahan anda dan juga untuk impian, harapan, keinginan dan kebutuhan untuk tetap hi dup serta berfungsi. Begitu banyak yang harus anda lakukan, tapi begitu singkat waktunya!

Banyak pilihan anda sampai satu batas tertentu merupakan perkembangan yang paling akhir an da capai. Di dalam masa lampau yang belum terla lu lama, ketika pilihan-pilihan masih lebih sedikit, hidup dan peralatannya juga kurang rumit, tujuan tujuanjuga lebih terbatas. Orang-orang terlalu ba nyak membutuhkan waktu untuk berpikir bagaimana harus memanfaatkan waktu mereka. Bagi semua ke cuali beberapa orang yang lebih besar rejekinya, kebutuhan menuntut lebih banyak kegiatan. Aspekaspek lain dari hidup manusia ditentukan oleh kon disi, tradisi, agama, tingkat sosial atau kampung halaman tempat mereka dilahirkan yang semuanya bersifat tetap..

Dewasa ini, dengan adanya realita dalam hal mobilitas sosial, ekonomi dan fisik yang lebih me nuntut bagi banyak orang dan dengan tersedianya waktu luang yang cukup banyak, kesempatan-kesempatan dan tekanan-tekanan untuk membuat pilihan menjadi berlipat ganda jumlahnya. Pilihan-pilihan tadi seringkali bersifat rumit dan sukar. Hal ini khususnya bagi kaum wanita, yang harus berhadapan dengan peledakan jumlah pilihan-pilihan baru.

Tidak ada komentar: