TENTUKAN SUATU PRIORITAS UNTUK SAAT INI



Bagaimana anda dapat bergerak mendekat ke arah tujuan-tujuan hidupanda? Setiap hari menyedia kan kesempatan yang baru dan segar. Paling tidak pilihlah satu kegiatan prioritas A yang dikerjakan sekarang juga dan benar-benar dilaksanakan. Saat itu anda sudah punya tahap awal dari sebuah acara kegiatan untuk mencapai sasaran-sasaran tujuan hi dup anda.

Pada mulanya kalau anda memilih satu kegiat an skala A untuk dikerjakan setiap hari, buatlah itu sesingkat dan selayak mungkin. Kalau kegiatan skala A yang anda pilih itu agaknya terlalu berat, pecahlah ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil, lalu mulailah dengan bagian yang lebih mudah atau bagian yang paling sedikit melibatkan problema atau bagian yang anda nilai paling penting.

\Setelah anda berhasil memilih dan menentu kan tugas yang satu ini, maka anda sudah memberi kan pada diri sendiri satu skala prioritas yang ielas untuk hari ini. Selama 16 jam atau lebih pada saat anda setiap hari berada dalam keadaan yang sadar, anda tentu akan bisa mendapatkan waktu beberapa menit untuk bekerja menuju pencapaian suatu tuju an hidup yang penting. Bagaimana kalau anda mulai sekarang juga?

Bab mengenai tujuan hidup dan bab ini , meru pakan dasar-dasar yang menuju ke arah tata penge lolaan penggunaan waktu yang baik. Untuk membu, at risalah,berikut ini adalah pokok-pokok yang esen sial:

1. Daftarlah tujuan-tujuan jangka panjang yang mungkin;

2. Tentukan skala prioritas untuk sekarang dan ke nalilah tujuan-tujuan skala A itu;

3. daftarlah kegiatan_yang mungkin anda lakukan demi tujuan-tujuan skala A tadi; .

4. tentukan prioritas dan kenalilah kegiatan skala A yang berlaku untuk sekarang;

5. masukkan kegiatan skala A tadi, ke dalam skedul anda;

6. lakukan menui'ut skedulnya.

Tidak ada komentar: